laman

Selasa, 21 Januari 2014

 LAUNCHING PELAYANAN KONSELING PSIKOLOGI ONLINE

1.   Persiapan
a. Untuk merealisasikan pelayanan konseling psikologi online ini diperlukan beberapa persiapan baik administrasi maupun persiapan teknis. Secara administrasi diawali dengan proses mendiskusikan ide yang disampaikan oleh kepala Biro SDM Polda Lampung. Kemudian ditindaklanjuti dengan pengajuan ide tersebut kepada Kapolda Lampung. Setelah memperoleh respon positif segera dilakukan persiapan secara teknis.
b.  Selanjutnya bekerjasama dengan Direktorat Teknologi dan Informasi Polri Polda lampung untuk mempersiapakan program serta peralatan yang dibutuhkan. Peralatan yang dibutuhkan berupa satu unit komputer, modem, kartu selular, IP addres.
c.    Melakukan uji coba terhadap peralatan atau server yang telah diformat, dalam pelaksanaan uji coba tidak ditemukan kendala yang berarti.
d. Melakukan persiapan akhir dengan melakukan gladi (latihan) launching konseling online.
e.    Mengirimkan surat undangan kepada Kepala Biro Psikologi SSDM Polri untuk dapat menghadiri kegiatan Launching sekaligus mengukuhkan para Konselor yang telah memperoleh pelatihan tahap pertama.

                          Acara pembukaan Rakor Bin SDM dan launching pelayanan konseling psikologi online
2.   Pelaksanaan
a.    Pelaksanaan launching konseling psikologi online dilaksanakan bertepatan dengan kegiatan rapat kordinasi pembinaan SDM Polda Lampung tahun angaran 2013.
b.    Launching diawali dengan paparan Kabag Psikologi Biro SDM Polda Lampung yang menjelaskan tentang latar belakang, manfaat dan mekanisme pelayanan.
c.   Launching pelayanan konseling psikologi online oleh Kapolda Lampung ditandai dengan mengirim sms pertama ke server sms center 0859 7800 0088. Sms terkirim dengan baik dan memperoleh respon dari server secara otomatis, sebelum dilanjutkan dengan konseling secara online.
d.    Kepala Biro Psikologi SSDM Polri juga berkenan mencoba mengirimkan sms ke server sms center diikuti oleh beberpa pejabat utama Polda Lampung.
e. Launching berjalan dengan lancar dengan harapan fasilitas yang telah disediakan dimanfaatkan secara maksimal oleh anggota Polri Polda Lampung beserta keluarganya.

3.   Fasilitas konseling
Untuk memudahkan akses anggota Polda lampung beserta keluarganya memperoleh layanan konseling disiapkan fasilitas berupa :
a.    Email            :  bagpsikologirosdmpoldalampung@gmail.com
b.   Blogspot       :  www.bagpsikologirosdmpoldalampung.blogspot.com
c.    Call Center    :  0821 8040 4088
d.   SMS Center   :  0859 7800 0088
e.    Ruang konseling
f.     Konseling kunjungan
g.   Konselor di setiap satker

4.   Bentuk pelayanan konseling
a.    Konseling keluarga
b.    Konseling perkawinan / pernikahan / cerai
c.    Konseling pendidikan (penelurusan bakat dan minat)
d.    Konseling anak
e.    Konseling kerja / karier
f.     Konseling kesehatan mental
g.    Konseling individual dan pengembangan diri
h.    Konseling kelompok.

5.   Mekanisme pelayanan
a.    Anggota yang akan melakukan konseling mengirimkan keluhannya dengan mengirimkan ke server sms center dengan nomor 0859 7800 0088 dengan format, ketik PANGKAT spasi NAMA spasi SATKER titik dua KELUHAN. Contoh : Kompol Anggito Polsek TBX : saya sudah satu bulan ini tidak bisa tidur karena merasa cemas.
b.    SMS yang masuk akan terima oleh operator dengan respon pertama berupa ucapan terimakasih karena telah menghubungi layanan konseling online. Contoh respon: Bapak Anggito yang baik, terimakasih telah menghubungi sms center konseling psikologi, semoga hari ini perasaan bapak lebih baik dari hari sebelumnya.
c.    Selanjutnya dilakukan pendalaman dan upaya dari konselor untuk berempati atas keluhan yang dirasakan anggota. Contoh respon : Bapak Anggito kami mencoba memahami apa yang anda rasakan, tentu tidak nyaman jika dengan perasaan cemas yang bapak rasakan, kalau boleh tahu apa kira-kira yang menjadi pencetus bapak merasa cemas sejak sebulan lalu.
d. Percakapan selanjutnya akan menyesuaikan dengan keluhan dan respon konseli, selanjutnya untuk pelayanan konseling yang lebih baik akan disarankan untuk melakukan konseling melalui call center atau melalui pertemuan langsung. Contoh respon : untuk pelayanan konseling yang lebih baik bapak dapat menghubungi call center kami di nomor 0821 8040 4088 atau bapak dapat datang ke kantor kami di Bagian Psikologi Biro SDM Polda Lampung, Jl. Dr Warsito No 1 Tanjung Karang (Polda 2), trimakasih. Jika yang bersangkutan belum siap atau tidak bersedia akan dilanjutkan konseling melalui sms center.
e.   Respon selanjutnya pemberian saran dan pilihan alternatif atas keluhan konseli. Contoh respon : Bapak Anggito, kecemasan adalah hal yang manusiawi dirasakan oleh setiap orang, bapak dapat lakukan relaksasi secara mandiri dengan cara dengan cara menarik nafas, menahannya beberapa saat dan melepaskannya secara perlahan, hal tersebut bapak dapat lakukan sambil membayangkan peristiwa yang membuat bapak cemas, semoga dapat mengurangi keluhan Bapak.
f.     Terminasi atau pengakhiran proses konseling serta tindakan tindak lanjut. Contoh respon : trimakasih telah memanfaatkan layanan konseling, selanjutnya kami menunggu kabar baik dari Bapak, terimakasih.

Paparan mekanisme konseling psikologi online oleh Kabag psikologi

6.   Kerahasiaan
Apa yang disampaikan oleh konseli dalam proses konseling online melalui sms center dijamin kerahasiaannya. Tidak semua orang atau konselor dapat mengakses atau membaca sms keluhan yang disampaikan. Apa yang disampaikan oleh konseli hanya diketahui oleh konselor yang melayani dan Kepala Bagian Psikologi sebagai psikolog. Adapun laporan yang disampaikan kepada pimpinan adalah rekapitulasi berupa jumlah dan lingkup permasalahan tanpa menyertakan identitas pribadi.

7.   Tujuan penyediaan fasilitas konseling online
a.   Menyediakan akses yang mudah bagi anggota Polri Polda Lampung dan keluarganya memperoleh layanan konseling psikologi. Anggota dapat melakukan konseling dari mana saja dan kapan saja.
b.    Untuk melakukan tindakan pertolongan pertama psikologis kepada anggota yang memiliki permasalahan, tindakan pertama sangat penting untuk mencegah permasalahan menjadi semakin kompleks.
c.  Meningkatkan kesadaran anggota untuk melakukan nkonseling, dengan akses yang mudah diharapkan lebih banyak anggota yang memanfaatkan pelayanan konseling psikologi.

d. Meningkatkan kesejahteraan psikologi dan kualitas pribadi anggota, meningkatkan fungsi sosialnya sehingga berdampak pada kinerja sehari-hari yang akan bermuara pada kualitas pelayanan kepada masyarakat.

                  Sambutan dan arahan Karo Psikologi SSDM Polri, Brigjen Drs. Untung Leksono, M.Si

8.   Sosialisasi fasilitas pelayanan konseling
Dalam rangka mensosialisasikan fasilitas pelayanan konseling psikologi secara umum telah dilakukan beberapa hal diantaranya :
a.    Alat peraga luar ruangan yang berupa  spanduk, standing banner, brosur.
b.    Surat Telegram Kapolda yang dikirimkan ke setiap satker tentang nomor telepon call center dan nomor sms center.
c.    Blogspot.
d.    Majalah Polda Lampung.
e.    Melalui kegiatan rutin seperti ceramah bulanan, tes senpi, sidang pra-nikah dan apel pagi maupun apel satker.
f.     Broadcast melalui sms center ke telepon selular anggota.


                                        Penyematan pin Konselor kepada anggota PNS Polda Lampung yang telah mengikuti pelatihan konseling












2 komentar:

  1. Bravo kbgpsikologi polda lampung,trobosan kereen..semoga bermanfaat bagi anggota polri dan pns polda lampung

    BalasHapus
  2. Trimakasih Mba Ana, kita sama-sama melayani anggota, semoga kita bisa memberi kontribusi untuk kebaikan Polda Lampung.

    BalasHapus