LAUNCHING PELAYANAN KONSELING PSIKOLOGI ONLINE
1.
Persiapan
a. Untuk
merealisasikan pelayanan konseling psikologi online ini diperlukan beberapa
persiapan baik administrasi maupun persiapan teknis. Secara administrasi
diawali dengan proses mendiskusikan ide yang disampaikan oleh kepala Biro SDM
Polda Lampung. Kemudian ditindaklanjuti dengan pengajuan ide tersebut kepada
Kapolda Lampung. Setelah memperoleh respon positif segera dilakukan persiapan
secara teknis.
b. Selanjutnya
bekerjasama dengan Direktorat Teknologi dan Informasi Polri Polda lampung untuk
mempersiapakan program serta peralatan yang dibutuhkan. Peralatan yang
dibutuhkan berupa satu unit komputer, modem, kartu selular, IP addres.
c. Melakukan
uji coba terhadap peralatan atau server yang telah diformat, dalam pelaksanaan
uji coba tidak ditemukan kendala yang berarti.
d. Melakukan
persiapan akhir dengan melakukan gladi (latihan) launching konseling online.
e. Mengirimkan
surat undangan kepada Kepala Biro Psikologi SSDM Polri untuk dapat menghadiri
kegiatan Launching sekaligus mengukuhkan para Konselor yang telah memperoleh
pelatihan tahap pertama.
Acara pembukaan Rakor Bin SDM dan launching pelayanan konseling psikologi online
2.
Pelaksanaan
a. Pelaksanaan
launching konseling psikologi online dilaksanakan bertepatan dengan kegiatan
rapat kordinasi pembinaan SDM Polda Lampung tahun angaran 2013.
b. Launching
diawali dengan paparan Kabag Psikologi Biro SDM Polda Lampung yang menjelaskan
tentang latar belakang, manfaat dan mekanisme pelayanan.
c. Launching
pelayanan konseling psikologi online oleh Kapolda Lampung ditandai dengan
mengirim sms pertama ke server sms center 0859 7800 0088. Sms terkirim dengan
baik dan memperoleh respon dari server secara otomatis, sebelum dilanjutkan
dengan konseling secara online.
d. Kepala
Biro Psikologi SSDM Polri juga berkenan mencoba mengirimkan sms ke server sms
center diikuti oleh beberpa pejabat utama Polda Lampung.
e. Launching
berjalan dengan lancar dengan harapan fasilitas yang telah disediakan
dimanfaatkan secara maksimal oleh anggota Polri Polda Lampung beserta
keluarganya.
3.
Fasilitas
konseling
Untuk memudahkan akses anggota Polda lampung beserta
keluarganya memperoleh layanan konseling disiapkan fasilitas berupa :
c.
Call
Center : 0821 8040 4088
d.
SMS
Center :
0859 7800 0088
e.
Ruang
konseling
f.
Konseling
kunjungan
g.
Konselor
di setiap satker
4.
Bentuk
pelayanan konseling
a. Konseling
keluarga
b. Konseling
perkawinan / pernikahan / cerai
c. Konseling
pendidikan (penelurusan bakat dan minat)
d. Konseling
anak
e. Konseling
kerja / karier
f. Konseling
kesehatan mental
g. Konseling
individual dan pengembangan diri
h. Konseling
kelompok.
5.
Mekanisme
pelayanan
a. Anggota
yang akan melakukan konseling mengirimkan keluhannya dengan mengirimkan ke server
sms center dengan nomor 0859 7800 0088 dengan format, ketik PANGKAT spasi NAMA
spasi SATKER titik dua KELUHAN. Contoh
: Kompol Anggito Polsek TBX : saya sudah
satu bulan ini tidak bisa tidur karena merasa cemas.
b. SMS yang
masuk akan terima oleh operator dengan respon pertama berupa ucapan terimakasih
karena telah menghubungi layanan konseling
online. Contoh respon: Bapak Anggito
yang baik, terimakasih telah menghubungi sms center konseling psikologi, semoga
hari ini perasaan bapak lebih baik dari hari sebelumnya.
c. Selanjutnya
dilakukan pendalaman dan upaya dari konselor untuk berempati atas keluhan yang
dirasakan anggota. Contoh respon : Bapak
Anggito kami mencoba memahami apa yang anda rasakan, tentu tidak nyaman jika
dengan perasaan cemas yang bapak rasakan, kalau boleh tahu apa kira-kira yang
menjadi pencetus bapak merasa cemas sejak sebulan lalu.
d. Percakapan
selanjutnya akan menyesuaikan dengan keluhan dan respon konseli, selanjutnya
untuk pelayanan konseling yang lebih baik akan disarankan untuk melakukan
konseling melalui call center atau
melalui pertemuan langsung. Contoh respon : untuk
pelayanan konseling yang lebih baik bapak dapat menghubungi call center kami di
nomor 0821 8040 4088 atau bapak dapat datang ke kantor kami di Bagian Psikologi
Biro SDM Polda Lampung, Jl. Dr Warsito No 1 Tanjung Karang (Polda 2),
trimakasih. Jika yang bersangkutan belum siap atau tidak bersedia akan
dilanjutkan konseling melalui sms center.
e. Respon
selanjutnya pemberian saran dan pilihan alternatif atas keluhan konseli. Contoh
respon : Bapak Anggito, kecemasan adalah
hal yang manusiawi dirasakan oleh setiap orang, bapak dapat lakukan relaksasi
secara mandiri dengan cara dengan cara menarik nafas, menahannya beberapa saat
dan melepaskannya secara perlahan, hal tersebut bapak dapat lakukan sambil
membayangkan peristiwa yang membuat bapak cemas, semoga dapat mengurangi
keluhan Bapak.
f. Terminasi
atau pengakhiran proses konseling serta tindakan tindak lanjut. Contoh respon :
trimakasih telah memanfaatkan layanan
konseling, selanjutnya kami menunggu kabar baik dari Bapak, terimakasih.
Paparan mekanisme konseling psikologi online oleh Kabag psikologi
6.
Kerahasiaan
Apa yang
disampaikan oleh konseli dalam proses konseling online melalui sms center
dijamin kerahasiaannya. Tidak semua orang atau konselor dapat mengakses atau
membaca sms keluhan yang disampaikan. Apa yang disampaikan oleh konseli hanya
diketahui oleh konselor yang melayani dan Kepala Bagian Psikologi sebagai
psikolog. Adapun laporan yang disampaikan kepada pimpinan adalah rekapitulasi
berupa jumlah dan lingkup permasalahan tanpa menyertakan identitas pribadi.
7.
Tujuan
penyediaan fasilitas konseling online
a. Menyediakan
akses yang mudah bagi anggota Polri Polda Lampung dan keluarganya memperoleh
layanan konseling psikologi. Anggota dapat melakukan konseling dari mana saja
dan kapan saja.
b. Untuk
melakukan tindakan pertolongan pertama psikologis kepada anggota yang memiliki
permasalahan, tindakan pertama sangat penting untuk mencegah permasalahan
menjadi semakin kompleks.
c. Meningkatkan
kesadaran anggota untuk melakukan nkonseling, dengan akses yang mudah
diharapkan lebih banyak anggota yang memanfaatkan pelayanan konseling
psikologi.
d. Meningkatkan
kesejahteraan psikologi dan kualitas pribadi anggota, meningkatkan fungsi
sosialnya sehingga berdampak pada kinerja sehari-hari yang akan bermuara pada
kualitas pelayanan kepada masyarakat.
Sambutan dan arahan Karo Psikologi SSDM Polri, Brigjen Drs. Untung Leksono, M.Si
8.
Sosialisasi
fasilitas pelayanan konseling
Dalam rangka mensosialisasikan fasilitas pelayanan
konseling psikologi secara umum telah dilakukan beberapa hal diantaranya :
a. Alat
peraga luar ruangan yang berupa spanduk,
standing banner, brosur.
b. Surat
Telegram Kapolda yang dikirimkan ke setiap satker tentang nomor telepon call center dan nomor sms center.
c. Blogspot.
d. Majalah
Polda Lampung.
e. Melalui
kegiatan rutin seperti ceramah bulanan, tes senpi, sidang pra-nikah dan apel
pagi maupun apel satker.
f.
Broadcast melalui
sms center ke telepon selular
anggota.
Penyematan pin Konselor kepada anggota PNS Polda Lampung yang telah mengikuti pelatihan konseling
Bravo kbgpsikologi polda lampung,trobosan kereen..semoga bermanfaat bagi anggota polri dan pns polda lampung
BalasHapusTrimakasih Mba Ana, kita sama-sama melayani anggota, semoga kita bisa memberi kontribusi untuk kebaikan Polda Lampung.
BalasHapus