Kamis, 23 Januari 2014


LIPUTAN KHUSUS PSIKOLOGI

Jum'at, 24 Januari 2014
     
Home  Bandarlampung  Program Psikologi Online Biro SDM Polda Lampung

Program Konseling Psikologi Online 

Biro SDM Polda Lampung

111
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita

KONSELING: Pelatihan konseling bagi anggota Polri dan PNS Polri Polda Lampung guna meningkatakan pelayanan kepada anggota Polri dan Keluarganya.  FOTO Irman
Privasi Dijamin, Bantu Anggota yang Memiliki Permasalahan
Konseling Psikologi online adalah program baru yang digulirkan Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Lampung. Program yang di-launching pada 30 Desember 2013 ini dibuat untuk membantu anggotanya yang memiliki permasalahan kedinasan maupun pribadi dengan jaminan penjagaan privasi.

Laporan Wahyu Syaifullah, BANDARLAMPUNG
’’KEBERHASILAN saya dengan bisa menjabat Kapolda Lampung karena dukungan keluarga,” ujar Brigjen Heru Winarko belum lama ini. Menurutnya, sesibuk apa pun pekerjaannya, ia pasti pulang untuk menemui keluarganya meski hanya beberapa jam. Heru menjelaskan, persoalan keluarga sering terbawa ke situasi kedinasan. Karena itu, permasalahan yang ada di keluarga sebisa mungkin diselesaikan.
Sehingga ia membagi tiga unsur permasalahan dalam hidupnya, yakni dinas, keluarga, dan pribadi. Karena itulah, Polda Lampung mencoba memfasilitasi anggota Polri yang memiliki permasalahan dengan membuat program psikologi online yang menjamin kerahasiaan anggota yang melakukan konseling permasalahan pribadi.
Psikologi online juga bertujuan menyerap permasalahan anggota Polri  di keluarga dan kedinasan. Karena selama ini, orang menganggap tabu konsultasi atau pergi ke Psikolog. Menurut Kepala Biro SDM Polda Lampung Kombes Agung Dwi Julianto, pelayanan konseling psikologi bagi anggota Polri sangat penting. Di antaranya untuk meminimalkan permasalahan yang berdampak pada kinerja dan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Dia berharap anggota Polri tak sungkan berkonsultasi mengenai permasalahan keluarga maupun kedinasannya. Konsultasi bisa dilakukan dengan sistem  SMS Center di 0859 7800 0088, call center di nomor 0821 8040 4088, e-mail : bagpsikologirosdmpoldalampung@gmail.com atau dengan mengunjungi blog SDM di www.bagpsikologirosdmpoldalampung.blogspot.com.
’’Saya menyarankan kepada anggota untuk tak sungkan-sungkan konseling dengan sistem konsultasi online, atau kita menyebutnya curhat online. Nantinya, anggota yang curhat langsung dijawab konselor yang ditugaskan khusus untuk sesi curhat tersebut. Kami sudah memberikan pelatihan kepada 50 anggota yang menjadi konselor, yang ada di setiap satuan kerja Polda Lampung, pada 24 Desember 2013,” terangnya.
Agung melanjutkan, pihaknya menerima curhat mengenai masalah apa pun. Baik itu perasaan anggota hingga kerumitan hidup. ’’Dijamin seratus persen tak akan bocor atau diketahui atasan. Karena privasi yang kita kedepankan. Sehingga konsultasi online bisa dipercaya dan menjadi solusi untuk anggota Polri itu sendiri,” ucapnya. Misalnya,  imbuh Agung, pertentangan orang tua dengan anak dalam menentukan lokasi kuliah. ’’Nah, silakan orang tua dan anak sharing. Kami akan berikan solusi. Dengan cara mengetes si anak terkait kemampuan dan minat bakat yang dimilikinya. Ini agar tidak sia-sia bakat yang dimiliki anak tersebut,” pungkasnya.  (p2/c1/whk)

Rabu, 22 Januari 2014

JADWAL TES PSIKOLOGI SENJATA API ANGGOTA POLRI TAHUN 2014


KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
DAERAH LAMPUNG

 

SURAT TELEGRAM

DARI              :  KAPOLDA LAMPUNG                                 DERAJAT                :  KILAT

KEPADA          :  DISTRIBUSI A2,  B1, B2                           KLASIFIKASI           :  BIASA
                         DAN C1 POLDA LAMPUNG

TEMBUSAN      :  1. AS SDM KAPOLRI
                         2. KARO PSI SSDM POLRI
                         3. KAPOLDA LAMPUNG
                         4. IRWASDA POLDA LAMPUNG
 

NOMOR  : ST /         / I / 2014 / RO SDM                                         TGL :          - 1 -  2014

AAA    TTK    REF TTK DUA

  SATU           TTK    PERATURAN  KAPOLRI NO. POL : 4 TH 2007 TGL              18 JANUARI 2007 TTG TATA CARA RIK PSI BAGI CALON PEMEGANG SENPI ORGANIK POLRI DAN NON ORGANIK TNI / POLRI TTK

DUA             TTK    RENCANA KEGIATAN BAGIAN PSIKOLOGI ROSDM POLDA LPG TA. 2014 TTG PEMERIKSAAN BERKALA BAGI PEMEGANG SENPI DINAS TTK
                  
     TIGA            TTK    RENCANA KEGIATAN BAGIAN PSIKOLOGI ROSDM POLDA LPG TA. 2014 TTG KONSELING BAGI ANGGOTA YG BERMASALAH TTK

BBB    TTK    SEHUB HAL TSB DIATAS KMA DGN INI DIBERITAHUKAN KPD PR KASATKER DAN KASATWIL JJRN POLDA LPG BHW BAG PSI AKAN MELAKS RIK PSI BERKALA BAGI PEMEGANG SENPI DINAS DAN KONSELING BAGI AGT BERMASALAH KESELURUH JJRN KMA DIHARAPKAN UTK KBG SUMDA POLRES/TA DPT MENDATA AGT-AGT YG AKAN MELAKS GIAT RIK PSI SENPI DAN KONSELING BAGI AGT YG BERMASALAH TTK

CCC    TTK    ADAPUN  JADWAL PELAKS  SBB TTK DUA

                   SATU       TTK  POLRESTA BALAM DILAKS PD BLN JANUARI 2014 TTK
                  
                   DUA        TTK  POLRES LAMTENG DILAKS PD BLN PEBRUARI 2014 TTK

                   TIGA       TTK  POLRES TGMS DILAKS PD BLN MARET 2014 TTK


/ EMPAT  TTK .........


- 2 -        SURAT TELEGRAM KAPOLDA LPG
                                                                                      NO. POL  : ST  /         / I / 2014
                                                                                      TANGGAL :            -   1   -  2014


                   EMPAT     TTK  POLRES TUBA DILAKS PD BLN APRIL 2014 TTK

                   LIMA       TTK  POLRES METRO DILAKS PD BLN MEI 2014 TTK                                                                      
                   ENAM      TTK  POLRES WAY KANAN DILAKS PD BLN JUNI 2014 TTK
                                     
                   TUJUH     TTK  POLRES LAMUT DILAKS PD TGL BLN AGUSTUS 2014 TTK

              DLPN       TTK  POLRES LAMTIM DILAKS PD BLN        SEPTEMBER 2014 TTK

                   SBLN       TTK  POLRES LAMSEL DILAKS PD BLN OKTOBER 2014 TTK       

                   SEPULUH TTK  POLRES LAMBAR DILAKS PD BLN NOPEMBER 2014 TTK

                   SEBELAS  TTK  POLRES MESUJI DILAKS PD BLN DESEMBER 2014 TTK
                                        
              DUA        TTK  UTK SATKER POLDA DILAKS SETIAP HARI PD JAM KERJA TTK
              BELAS                   
             
                 
DDD   TTK    AGAR PARA KBG SUMDA BERKOORDINASI DGN MELAPORKAN KPD BAG PSI RO SDM POLDA LPG JML CALON PESERTA BAIK AGT YG AKAN MENGIKUTI RIK PSI SENPI MAUPUN KONSELING BAGI AGT YG BERMASALAH DGN MENGHUBUNGI NO TELP 0721-470646 ATAU 0721-472131 TTK

EEE    TTK    UNTUK KEPENTINGAN PELAKS TES AGAR KA MENYEDIAKAN RUANG / LOKAL YG MENCUKUPI SESUAI DGN JML PESERTA TTK

FFF     TTK    MASING-MASING PESERTA MEMBAWA PULPEN TINTA HTM KMA PENSIL KMA PENGHAPUS KARET TTK

GGG   TTK    SELAIN KONSELING SECARA LANGSUNG BS JUGA MELALUI SMS ONLINE DGN NOMOR 0859 7800 0088 ATAU MELALUI CALL CENTER KE NOMOR  0821 8040 4088 TTK

HHH   TTK    SRT INI BERSIFAT PEMBERITAHUAN UTK DILAKS TTK

III      TTK    DUM TTK HBS


AN KAPOLDA LAMPUNG
KARO SDM

Paraf :
1. Kasubbag Psipol  :            _______
2. Kabag Psi           : _______       
3. Kasubbagrenmin:              _______          

 
 


AGUNG JULIANTO, S.IK.,M.SI
KOMBES POL NRP 68070335



Selasa, 21 Januari 2014

 LAUNCHING PELAYANAN KONSELING PSIKOLOGI ONLINE

1.   Persiapan
a. Untuk merealisasikan pelayanan konseling psikologi online ini diperlukan beberapa persiapan baik administrasi maupun persiapan teknis. Secara administrasi diawali dengan proses mendiskusikan ide yang disampaikan oleh kepala Biro SDM Polda Lampung. Kemudian ditindaklanjuti dengan pengajuan ide tersebut kepada Kapolda Lampung. Setelah memperoleh respon positif segera dilakukan persiapan secara teknis.
b.  Selanjutnya bekerjasama dengan Direktorat Teknologi dan Informasi Polri Polda lampung untuk mempersiapakan program serta peralatan yang dibutuhkan. Peralatan yang dibutuhkan berupa satu unit komputer, modem, kartu selular, IP addres.
c.    Melakukan uji coba terhadap peralatan atau server yang telah diformat, dalam pelaksanaan uji coba tidak ditemukan kendala yang berarti.
d. Melakukan persiapan akhir dengan melakukan gladi (latihan) launching konseling online.
e.    Mengirimkan surat undangan kepada Kepala Biro Psikologi SSDM Polri untuk dapat menghadiri kegiatan Launching sekaligus mengukuhkan para Konselor yang telah memperoleh pelatihan tahap pertama.

                          Acara pembukaan Rakor Bin SDM dan launching pelayanan konseling psikologi online
2.   Pelaksanaan
a.    Pelaksanaan launching konseling psikologi online dilaksanakan bertepatan dengan kegiatan rapat kordinasi pembinaan SDM Polda Lampung tahun angaran 2013.
b.    Launching diawali dengan paparan Kabag Psikologi Biro SDM Polda Lampung yang menjelaskan tentang latar belakang, manfaat dan mekanisme pelayanan.
c.   Launching pelayanan konseling psikologi online oleh Kapolda Lampung ditandai dengan mengirim sms pertama ke server sms center 0859 7800 0088. Sms terkirim dengan baik dan memperoleh respon dari server secara otomatis, sebelum dilanjutkan dengan konseling secara online.
d.    Kepala Biro Psikologi SSDM Polri juga berkenan mencoba mengirimkan sms ke server sms center diikuti oleh beberpa pejabat utama Polda Lampung.
e. Launching berjalan dengan lancar dengan harapan fasilitas yang telah disediakan dimanfaatkan secara maksimal oleh anggota Polri Polda Lampung beserta keluarganya.

3.   Fasilitas konseling
Untuk memudahkan akses anggota Polda lampung beserta keluarganya memperoleh layanan konseling disiapkan fasilitas berupa :
a.    Email            :  bagpsikologirosdmpoldalampung@gmail.com
b.   Blogspot       :  www.bagpsikologirosdmpoldalampung.blogspot.com
c.    Call Center    :  0821 8040 4088
d.   SMS Center   :  0859 7800 0088
e.    Ruang konseling
f.     Konseling kunjungan
g.   Konselor di setiap satker

4.   Bentuk pelayanan konseling
a.    Konseling keluarga
b.    Konseling perkawinan / pernikahan / cerai
c.    Konseling pendidikan (penelurusan bakat dan minat)
d.    Konseling anak
e.    Konseling kerja / karier
f.     Konseling kesehatan mental
g.    Konseling individual dan pengembangan diri
h.    Konseling kelompok.

5.   Mekanisme pelayanan
a.    Anggota yang akan melakukan konseling mengirimkan keluhannya dengan mengirimkan ke server sms center dengan nomor 0859 7800 0088 dengan format, ketik PANGKAT spasi NAMA spasi SATKER titik dua KELUHAN. Contoh : Kompol Anggito Polsek TBX : saya sudah satu bulan ini tidak bisa tidur karena merasa cemas.
b.    SMS yang masuk akan terima oleh operator dengan respon pertama berupa ucapan terimakasih karena telah menghubungi layanan konseling online. Contoh respon: Bapak Anggito yang baik, terimakasih telah menghubungi sms center konseling psikologi, semoga hari ini perasaan bapak lebih baik dari hari sebelumnya.
c.    Selanjutnya dilakukan pendalaman dan upaya dari konselor untuk berempati atas keluhan yang dirasakan anggota. Contoh respon : Bapak Anggito kami mencoba memahami apa yang anda rasakan, tentu tidak nyaman jika dengan perasaan cemas yang bapak rasakan, kalau boleh tahu apa kira-kira yang menjadi pencetus bapak merasa cemas sejak sebulan lalu.
d. Percakapan selanjutnya akan menyesuaikan dengan keluhan dan respon konseli, selanjutnya untuk pelayanan konseling yang lebih baik akan disarankan untuk melakukan konseling melalui call center atau melalui pertemuan langsung. Contoh respon : untuk pelayanan konseling yang lebih baik bapak dapat menghubungi call center kami di nomor 0821 8040 4088 atau bapak dapat datang ke kantor kami di Bagian Psikologi Biro SDM Polda Lampung, Jl. Dr Warsito No 1 Tanjung Karang (Polda 2), trimakasih. Jika yang bersangkutan belum siap atau tidak bersedia akan dilanjutkan konseling melalui sms center.
e.   Respon selanjutnya pemberian saran dan pilihan alternatif atas keluhan konseli. Contoh respon : Bapak Anggito, kecemasan adalah hal yang manusiawi dirasakan oleh setiap orang, bapak dapat lakukan relaksasi secara mandiri dengan cara dengan cara menarik nafas, menahannya beberapa saat dan melepaskannya secara perlahan, hal tersebut bapak dapat lakukan sambil membayangkan peristiwa yang membuat bapak cemas, semoga dapat mengurangi keluhan Bapak.
f.     Terminasi atau pengakhiran proses konseling serta tindakan tindak lanjut. Contoh respon : trimakasih telah memanfaatkan layanan konseling, selanjutnya kami menunggu kabar baik dari Bapak, terimakasih.

Paparan mekanisme konseling psikologi online oleh Kabag psikologi

6.   Kerahasiaan
Apa yang disampaikan oleh konseli dalam proses konseling online melalui sms center dijamin kerahasiaannya. Tidak semua orang atau konselor dapat mengakses atau membaca sms keluhan yang disampaikan. Apa yang disampaikan oleh konseli hanya diketahui oleh konselor yang melayani dan Kepala Bagian Psikologi sebagai psikolog. Adapun laporan yang disampaikan kepada pimpinan adalah rekapitulasi berupa jumlah dan lingkup permasalahan tanpa menyertakan identitas pribadi.

7.   Tujuan penyediaan fasilitas konseling online
a.   Menyediakan akses yang mudah bagi anggota Polri Polda Lampung dan keluarganya memperoleh layanan konseling psikologi. Anggota dapat melakukan konseling dari mana saja dan kapan saja.
b.    Untuk melakukan tindakan pertolongan pertama psikologis kepada anggota yang memiliki permasalahan, tindakan pertama sangat penting untuk mencegah permasalahan menjadi semakin kompleks.
c.  Meningkatkan kesadaran anggota untuk melakukan nkonseling, dengan akses yang mudah diharapkan lebih banyak anggota yang memanfaatkan pelayanan konseling psikologi.

d. Meningkatkan kesejahteraan psikologi dan kualitas pribadi anggota, meningkatkan fungsi sosialnya sehingga berdampak pada kinerja sehari-hari yang akan bermuara pada kualitas pelayanan kepada masyarakat.

                  Sambutan dan arahan Karo Psikologi SSDM Polri, Brigjen Drs. Untung Leksono, M.Si

8.   Sosialisasi fasilitas pelayanan konseling
Dalam rangka mensosialisasikan fasilitas pelayanan konseling psikologi secara umum telah dilakukan beberapa hal diantaranya :
a.    Alat peraga luar ruangan yang berupa  spanduk, standing banner, brosur.
b.    Surat Telegram Kapolda yang dikirimkan ke setiap satker tentang nomor telepon call center dan nomor sms center.
c.    Blogspot.
d.    Majalah Polda Lampung.
e.    Melalui kegiatan rutin seperti ceramah bulanan, tes senpi, sidang pra-nikah dan apel pagi maupun apel satker.
f.     Broadcast melalui sms center ke telepon selular anggota.


                                        Penyematan pin Konselor kepada anggota PNS Polda Lampung yang telah mengikuti pelatihan konseling